Senin, 17 Mei 2010

MRTG dan SARG

Kita akan mencoba memaparkan instalasi MRTG dan SARG. Dalam hal ini kita menggunakan beberapa sistem oprasi yaitu diantaranya adalah windows dan Linux,pemaparannya sebagai Berikut:


A. Instalasi pada MRTG dengan Sistem Oprasi Windows

Pertama – tama untuk dapat menjalankan MRTG kita harus menginstal Perl terlebih dahulu. Perl merupakan bahasa yang digunakan oleh MRTG. karena dalam windows tidak tersedia secara langsung pada penginstalannya dapat menggunakan ActivePerl versi 5.8.7 buatan ActiveState. Cara pengistalannya adalah:
• Bukalah file ZIP dan jalankan file "installer.bat",setelah itu maka kita akan dihadapkan dengan pertanyaan – peryanyaan untuk menginstal perl tersebut.
• Setelah kita menginstalnya kita masukan direktori "\Perl\bin" ke dalam path Windows, yaitu dengan cara sebagai berikut. Klik kanan "My Computer" dan pilih "Properties". Selanjutnya, pilih tab menu "Advanced" dan tombol "Environment Variables". Perhatikan bagian "Sistem variables" dan cari kolom yang berisi "Path". Pilih baris tersebut dan klik "Edit". Tambahkan path "C:\Perl\bin" dalam kolom "Variable Value". Sebagai contoh, digunakan drive "C" dengan direktori "Perl\bin" (tempat instalasi Perl). Kita bisa mengubah path ini sesuai dengan letak direktori instalasi Perl. Setelah selesai, klik "OK" untuk menutup windows yang ada dan restart computer.
• Kemudian kita cek melalui cmd, cara mengeceknya adalah dengan mengetikkan "perl" pada sembarang direktori di console melalui cmd (klik start kemudian pilih run dan ketikan cmd kemudian enter / ok). Jika Windows tidak menampilkan pesan kesalahan, maka seharusnya instalasi Perl sudah selesai. Jika Windows menampilkan pesan kesalahan yang menyatakan bahwa "perl tidak dikenal sebagai command", maka direktori "\Perl\bin" tampaknya belum dimasukkan ke dalam path. Alternatif lain adalah dengan mengetikkan "path" dalam Command Prompt. Periksa apakah ada direktori "\Perl\bin" dari teks yang muncul.
Kemudian setelah kita berhasil menginstal perl barulah kita lakukan penginstalan MRTG. Sama seperti instalasi ActivePerl, proses instalasi MRTG juga sangat sederhana yaitu:
• Hanya perlu mengekstrak file instalasi ke direktori yang kita inginkan. Sebaiknya, gunakan direktori mudah diingat seperti "C:\MRTG". Setelah selesai mengekstrak, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:
• Masuk ke direktori "\MRTG\bin" lalu ketikan "perl mrtg". Jika menemukan tampilan pesan kesalahan yang menandakan bahwa MRTG belum memiliki file konfigurasi, maka bisa dikatakan proses konfigurasi Perl dan MRTG yang kita lakukan sudah berhasil.
Beberapa konfigurasi yang kita butuhkan adalah konfigurasi protocol SNMP dan Web Server. Untuk konfigurasi SNMP adalah sebagai berikut:
• Pertama-tama, kita harus memastikan bahwa protokol SNMP sudah ter-install di PC dengan cara klik kanan pada "My Computer" dan pilih "Manage". Selanjutnya, pilih "Service and Applications - Services". Lihat kolom pada bagian kanan window dan cari item "SNMP Service". Jika tidak menemukan item tersebut, maka hal itu menandakan SNMP belum ter-install di PC. Solsinya dapat kita lakukan instalasi secara manual. Masuklah ke "Start - Settings - Control Panel - Add Remove Programs - Add Remove Windows Components". Dari menu yang muncul, pilihlah "Management and Monitoring Tools". Klik "Details" dan pastikan komponen "Simple Network Management Protocol" sudah dipilih. Tutup window yang ada dengan mengklik "OK". Windows akan melakukan instalasi komponen SNMP dan meminta CD Windows. Sampai saat ini seharusnya proses instalasi SNMP sudah selesai.
• Selanjutnya, kita masih harus melakukan konfigurasi SNMP. Caranya sebagai berikut. Klik kanan pada "My Computer" dan pilih "Manage". Selanjutnya, pilih "Service and Applications - Services". Carilah item "SNMP Service" dan klik dua kali untuk membuka window konfigurasi. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan service sudah berjalan (Started). Selanjutnya, pilih tab menu "Security". Ubahlah nama "Community" menjadi kata-kata yang unik seperti "ServerJim" dan ubah "Community Rights" menjadi "Read Only". Sebaiknya, kita menggunakan nama yang cukup unik karena "Community String" ini juga sekaligus berfungsi sebagai password yang akan digunakan untuk mengambil data SNMP.
Konfigurasi Wab Server berfungsi untuk mempermudah melihat data trafik yang berupa grafik dengan membuat sebuah web server pada salah satu PC. Selanjutnya, output dari file HTML akan diarahkan ke dalam direktori kerja dari web server tersebut. Dengan cara ini, kita bisa melihat file HTML yang dihasilkan oleh MRTG dengan mengunjungi alamat web server.
Kemudiana tahapan selanjutnya adalah tahapan yang paling penting dari langkah – langkah yang kita lakukan yaitu file konfigurasi MRTG dengan mengatur pembuatan file konfigurasi yang nantinya akan digunakan oleh MRTG. caranya yaitu dengan :
• Masuk ke dalam direktori "\MRTG\bin" dan ketikkan perintah berikut: "perl cfgmaker ServerJim@10.15.33.8ServerJim@10.15.33.8--global "WorkDir: c:\Inetpub\wwwroot\mrtg" --output mrtg.cfg"
• Parameter yang dimasukkan di atas tentunya harus disesuaikan dengan konfigurasi sistem yang kita inginkan. Nama "ServerJim" harus disesuaikan dengan "Community String" yang kita gunakan. IP Address 10.15.33.8 juga harus diganti dengan IP interface yang akan kita monitor. Bagian "c:\Inetpub\wwwroot\mrtg" merupakan direktori web server IIS yang akan menampung file grafik dan HTML yang dihasilkan oleh MRTG. Sebagai catatan, kita harus membuat sendiri direktori "mrtg" di bawah direktori "c:\Inetpub\wwwroot".
• Setelah itu kita dapat menentukan nama file html yang kita inginkan.
Selanjutnya kita buat Setup MRTG sebagai Daemon dan kemudian kita buat MRTG dijalankan secara permanen. Dengan cara:
• Kita hanya perlu menambahkan satu baris perintah dalam file mrtg.cfg berikut:
@echo off
Cd c:\mrtg\bin
Perl mrtg –logging=eventlog mrtg.cfg
• Selanjutnya, setiap kali kita menjalankan "perl mrtg", maka window command prompt akan selalu aktif sebagai background. Jangan tutup window ini karena menutup window ini sama dengan menonaktifkan MRTG.
• Kemudaian selanjutnya, kita akan membuat MRTG dijalankan secara permanen. Namun, jika server Anda restart, MRTG tidak akan dijalankan secara otomatis. Anda harus kembali memasukkan perintah "perl mrtg" pada direktori "\mrtg\bin" agar MRTG aktif.
Agar MRTG otomatis dijalankan setiap kali server booting, maka MRTG harus dijalankan sebagai service. Ada berbagai cara untuk melakukan hal ini. Namun dalam hal ini kita akan mencoha salah satu cara termudah untuk melakukan hal tersebut.
• Masuklah ke command prompt dan buatlah file mrtg.bat dengan mengetikkan "edit mrtg.bat". Sebuah editor teks sederhana akan muncul. Selanjutnya, ketikkan beberapa baris perintah berikut ini.
@echo off
cd c:\mrtg\bin
perl mrtg --logging=eventlog mrtg.cfg
Maka selanjutnya MRTG telah siap digunaka

B. Instalasi SARG dengan Sistem Centos 5.2

Penginstalan SARG pada sistem oprasi centos 5.2 ini tidak lah sesulit pada windows. Langkah – langkahnya tidak jauh berbeda dengan penginstalan MRTG pada window sebelumnya.
Berikut adalah tahapan melakukan install SARG pada centos 5.2:
• Pertama – tama kita harus mendownload SARG terlebih dahulu
• Kemudian setelah kita download SARG kita ekstrak paket tersebut dengan cara
# tar -zxvf sarg-2.2.5.tar.gz
# cd sarg-2.2.5
• Kemudaian barulah kita lakukan instalasi SARG, dengan perintah sebagai berikut
# ./configure
# make
# make install
• Setelah kita install SARG barulah kita lakukan konfigurasi SARG, dengan instruksi sebagai berikut :
# cd /usr/local/sarg/
# cp sarg.conf sarg.conf.ori
# vi sarg.conf
Di file ini, kita rubah konfigurasi sarg sesuai dengan kebutuhan. Di bawah ini adalah konfigurasi sarg penulis:
language English
access_log /usr/local/squid/var/logs/access.log
graphs yes
graph_days_bytes_bar_color orange
title "Squid-User-Access-Reports"
font_face Tahoma,Verdana,Arial
header_color darkblue
header_bgcolor blanchedalmond
font_size 9px
header_font_size 9px
title_font_size 11px
background_color white
text_color #000000
text_bgcolor lavender
title_color green
logo_image none
logo_text ""
logo_text_color #000000
image_size 8045
background_image none
password none
temporary_dir /tmp
output_dir /var/www/html/squid-reports
output_email none
resolve_ip no
user_ip yes
topuser_sort_field BYTES reverse
index yes
use_comma no
long_url yes

• Setelah kita lakukan konfigurasi SARG barulah kita lakukan generate SARG untuk menjalankan SARG, maka ketikkan perintah sebagai berikut:
# /usr/bin/sarg -l /var/log/squid/access.log
Maka secara ototmatis di dalam folder /var/www/html akan terdapat folder baru yang bernama squid-reports.
• Selanjutnya kita restart Webserver
# service httpd restart
• Kemudian kita cek dengan melihat SARG, untuk melihat tampilan SARG, maka ketikkan perintah berikut di browser:
http://alamat_ip/squid-reports
• Makan akan muncel sebuah jendela kemudian pada jendela tersebut kita klik item yang berada pada kolom FILE/PERIOD.
• Kemudian setelah kita berhasil menginstal didalam sistem barulah kita lakukan penjadwalan generate SARG untuk men-generate SARG, kita harus mengetikkan di dalam konsol perintah seperti berikut:
# /usr/bin/sarg -l /var/log/squid/access.log
Namun, alangkah capeknya jika kita mengetikkan perintah tersebut secara manual. Maka dari itu kita menggunakan crontab untuk melakukan eksekusi otomatis. Misalnya kita ingin agar setiap 1 jam sekali perintah di atas dieksekusi secara otomatis oleh sistem, maka terlebih dahulu kita membuat skrip misalnya di folder /home dengan nama sarg.txt dan tambahkan skrip berikut:
#!/bin/bash/usr/bin/sarg -l /var/log/squid/access.log
Setelah itu, berikan perintah agar skrip tersebut dapat dieksekusi:
# chmod +x sarg.txt
Setelah itu kita konfigurasi crontab-nya:
# crontab -e
tambahkan skrip berikut:
0 * * * * /home/sarg.txt
Maka setelah langkah – langkah diatas kita lakukan sistem akan men-generate SARG secara otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar